/ Berita / Detil

KPU Dharmasraya   Admin   16 Mei 2020

KPU SUMATERA BARAT ADAKAN KELAS VIRTUAL KEHUMASAN


Pulau Punjung; www.kpud-dharmasrayakab.go.id – Sabtu (16/05) KPU Provinsi Sumatera Barat mengadakan In House Training “Kelas Virtual Kehumasan” dengan menghadirkan Editor Politik dan Hukum Kompas, Antony Lee sebagai pemateri. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kapasitas SDM Kehumasan di KPU Sumatera Barat dan KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Sumatera Barat, Gabriel Daulay memberikan pengantar pada  Training yang diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat tersebut. Meskipun ditengah pandemik Covid19, dengan memenfaatkan media daring KPU Provinsi Sumatera Barat mengupayakan agar tetap ada produktivitas. Maka diadakan In House Training ini yang diharapkan dapat memberikan ilmu dan meningkatkan kualitas kehumasan bagi seluruh sekretariat KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat,  papar Gabriel.

Beberapa poin penting yang dijabarkan oleh Antony Lee dalam materi dengan topik “Menjaga Transparansi, Menjaga Kepercayaan Publik” diantaranya adalah pentingnya transpasaransi yang didukung dengan ketersediaan data secara terbuka yang dapat diakses oleh masyarakat. Menurut Antony, idealnya sub Bagian Humas masing-masing KPU harus memiliki seluruh data KPU sehingga dapat memudahkan akses pelayanan publik. Selain itu penyajian berita yang disertai dengan data akan meningkatkan kepercayaan publik, imbuhnya.

Pemanfaatan media sosial sebagai media interaksi dengan masyarakat adalah hal paling penting yang harus dilakukan dalam upaya memasifkan berita-berita dan informasi yang akurat. Hal ini juga dapat menetralisir berita hoax yang dewasa ini semakin marak bertebaran. Disisi lain perlu adanya kreatifitas dan kejelian dalam penyajian konten dan berita di media sosial. Kecenderungan yang terjadi adalah sajian berita yang ditonjolkan bersifat seremonial. Padahal yang dibutuhkan saat ini adalah berita yang substantif agar informasi secara rinci dapat diperoleh oleh pembaca atau masyarakat. Untuk itu pengelola kehumasan di masing-masing KPU masih perlu peningkatan dalam hal ini, Antony menjelaskan.(kpdm)


Komentar Anda

Ucapan Hari Raya Idul Fitri
Bersama Lawan Covid-19
PILKADA 2020
PPDI KPU Dharmasraya
HASIL PEMILU 2019
help desk
Rela Count KPU
JDIH KPU Kabupaten Dharmasraya