/ Berita / Detil

KPU Dharmasraya   admin   29 November 2019

AUDIENSI RUMAH PINTAR PEMILU (RPP) KPU DHARMASRAYA BERSAMA SISWA/I SMAN 1 KOTO BARU


www.kpud-dharmasrayakab.go.id Pulau Punjung, Kamis (28/11/2019) menjadi sesi terakhir dari rangkaian kegiatan audiensi Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Dharmasraya. Peserta audiensi adalah siswa/i SMAN 1 Koto Baru. Kegiatan ini langsung dipandu oleh Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Dony Kartago, S,Pd.I, dan dihadiri oleh Komisioner Adriadi, S.Psi dan France Putra, SE.

Dalam arahannya, Adriadi selaku Korodinator Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan bahwa “kita, khususnya siswa adalah orang-orang yang terdidik sehingga masyarakat menganggap kita tahu tentang kepemiluan”. beliau juga menegaskan “untuk Pilkada 2020 nanti bagi siswa yang sudah berumur 17 tahun sudah bisa menggunakan hak pilih, dengan ketentuan memiliki KTP elektronik atau Suket dari Dukcapil”, ujar Adri.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu memperkenalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) kepada siswa-siswa yang notabene adalah pemilih pemula dengan kata lain disebut juga sebagai pemilih potensial. Melalui kegiatan audiensi ini mereka mendapat pengetahuan tentang kepemiluan dan diharapkan mampu memahami nilai-nilai demokrasi. Harapan kedepan, siswa bisa menjadi agen demokrasi dalam rangka mensosialisasikan tentang kepemiluan kepada sekolah dan masyarakat, khususnya dilingkungan tempat tinggal.

Dony Kartago S.Pd.I pada kegiatan ini menyampaikan materi yang bertemakan Demokrasi dan Pemilu. “untuk merealisasikan demokrasi maka diselenggarakan pemilu. Salah satu bentuk untuk mendapatkan kekuasaan tertinggi dari masyarakat dalam pemilu adalah melalui jalur partai politik. Partai politik merupakan salah satu wadah untuk menampung aspirasi masyarakat”,  kata dony. Beliau juga berharap kepada peserta audiensi agar turut serta mensukseskan Pilkada pada tanggal 23 September 2020 nanti. “Jadilah pemilih yang cerdas yaitu mengenali visi dan misi, mengenali calon yang akan kita pilih. Jangan gampang percaya pada hoax, sehingga nantinya akan terpilih pemimpin yang jujur serta bisa mengayomi masyarakat” tegas Dony.

Dalam rangkaian kegiatan ini dilakukan pemutaran video sejarah pemilu di indonesia serta diskusi bersama Komisoner KPU Kabupaten Dharmasraya. Sesi akhir yang menunjukkan antusiasme dan terlihat sangat menarik bagi peserta adalah mengunjungi ruang pameran Rumah Pintar Pemilu (RPP). Stand photo boot juga telah disiapkan untuk berselfi ria, menambah semangat kaum milenial tersebut dalam kunjungan ke RPP KPU Dharmasraya. (tn)


Komentar Anda

PILKADA 2020
PPDI KPU Dharmasraya
HASIL PEMILU 2019
help desk
Rela Count KPU
JDIH KPU Kabupaten Dharmasraya