/ Berita / Detil

KPU Dharmasraya   Admin   20 November 2019

AUDIENSI RUMAH PINTAR PEMILU (RPP) KPU DHARMASRAYA DENGAN SMKN 1 SUNGAI RUMBAI


www.kpud-dharmasrayakab.go.id. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya pada tanggal (19/11/2019) kembali mengadakan Audiensi Rumah Pintar Pemilu (RPP), peserta dari kegiatan tersebut yaitu SMKN 1 sungai Rumbai sebanyak 20 orang. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Dharmasraya dan dilanjutkan dengan arahan dari Komisioner yang hadir, serta penyampaian materi sosialisasi pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Dalam sambutanya, ketua KPU Dharmasraya yang diwakili oleh Divisi Teknis Penyelenggara Adriadi, S.Psi menyatakan “ sekolah bisa menjadi salah satu mitra dalam menyampaikan pengetahuan pemilu kepada masyaraka, kita bisa mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dalam menggunakan hak pilihnya”,  Ujar Adriadi. Kegiatan ini juga salah satu menambah wawasan kepemiluan baik dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. “Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP)  kepada adik-adik sekalian. Salah satu informasi yang ada di RPP KPU Dharmasraya yaitu sejarah Pemilu yang ada di Indonesia, mulai dari tahun 1955 sampai dengan sekarang” kata Adriadi.

France Putra, SE selaku Korodinator Divisi Perencanaan dan Data dalam arahannya mengatakan “RPP adalah salah satu sosialisasi yang dilakukan oleh KPU dalam menghadapi Pilkada yang akan datang yaitu 23 September 2020”. dalam himbauannya belia menekankan bagi siswa yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau belum cukup umur pada pemilu sebelumnya, untuk Pilkada 2020 nanti yang sudah berumur 17 tahun bisa merekam e KTP. “nanti kita akan bekerja sama dengan Dukcapil untuk melakukan perekamam eKTP ini”. “ dalam pilkada 2020 nanti pilihlah dengan hati nurani tanpa paksaan dari pihak manapun”. unkap France.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan, Partisipasi Masyarakat dan SDM Dony Kartago, S.Pd.I dalam penyampaian materinya menyatakan, “Tujuan dari kegiatan ini salah satunya sarana pendidikan atau edukasi terhadap masyarakat, siapapun itu, baik pemilih pemula, lanjut usia ataupun pemilih potensial, secara umumnya untuk seluruh masyarakat yang ingin menambah pengetahuan tentang kepemiluan. RPP KPU Dharmasraya juga bisa menjadi sarana pembelajaran diluar sekolah bagi siswa-siswa sekabupaten Dharmasraya. Belia juga menyampaikan, “ kita harus memahami apa itu pemilu atau pentingnya pemilu, pemilu itu sangat penting karena bisa menegakkan nilai-nilai demokrasi”. ujar Dony.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik. Itu terlihat dari fokusnya para peserta dalam mengikuti acara. Dimulai nonton bersama tentang sejarah pemilu di Indonesia, paparan materi sosialisasi hingga kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP). harapan kedepan setelah mengikuti kegiatan ini, hendaknya para siswa bisa menjadi agen demokrasi untuk bisa mensosialisasikan pemahan kepemiluan kepada masyarakat khususnya dilingkungan tempat tinggal masing-masing. Juga mensosialisasikan pilkada 23 September 2020 nantinya, agar menjadi pemilih yang cerdas dan peningkatan partisipasi masyarakat di kabupaten Dharmasraya. (tn)

 


Komentar Anda

PILKADA 2020
PPDI KPU Dharmasraya
HASIL PEMILU 2019
help desk
Rela Count KPU
JDIH KPU Kabupaten Dharmasraya