Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kabupaten Dharmasraya Prov. Sumbar

KPU Dharmasraya Sosialisasikan Pemilu 2019 kepada Partai Politik dan Pemangku Kepentingan Lainnya

 Sosialisasi FGD 14 Des 2017

Gunung Medan, www.kpud-dharmasrayakab.go.id, Dalam rangka menyebarluaskan regulasi penyelenggaraan Pemilu 2019 yang akan memilih Anggota DPR, DPD, DPRD, dan Presiden serta Wakil Presiden secara serentak, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya melaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 dengan Partai Politik tingkat Kabupaten Dharmasraya dan Pemangku Kepentingan Lainnya. Kegiatan yang digelar Kamis (14/12) ini dihadiri Kepala Disdukcapil, Kepala Kantor Kesbangpol, LKAAM, Polres, Panwaslu, dan Pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Dharmasraya.

Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani, dalam sambutannya menyampaikan perlunya persiapan yang matang untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun 2019 yang tahapannya kini sedang berjalan.

“Saat ini kita sudah memasuki tahun politik (Pemilu Tahun 2019). Pesta demokrasi ini tentunya harus kita persiapkan dengan baik dan matang agar dapat terlaksana dengan lancar dan demokratis, karena persiapan yang baik akan menghasilkan calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden yang berkualitas. Oleh sebab itu keterlibatan masyarakat perlu mendapat perhatian lebih dalam proses suksesi ini,” ujarnya.

 Yanuk juga menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, wawasan serta menyamakan persepsi antara KPU dan Panwas sebagai penyelenggara, partai politik sebagai peserta dan pemangku kepentingan sehingga mempermudah dalam melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu Tahun 2019.

“Tahapan pemilu  dapat berjalan dengan lancar apabila semua pihak terkait telah mengetahui dan memahami aturan main dalam penyelenggaraan pemilu dengan baik dan benar, sehingga amanat rakyat untuk menyelenggarakan pemilu ini dapat terlaksana dengan semangat demokratis, jujur dan adil,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, turut bertindak sebagai narasumber Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Dharmasraya, Khairuddin. Dalam  penyampaian materinya, Khairuddin memaparkan tentang gambaran umum penyelenggaraan pemilu 2019.

Sementara itu,  Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat yang membidangi Divisi Teknis, Muhammad Mufti Syarfie, menyajikan pembahasan tentang Sekilas Undang-Undang Pemilu dan Tahapan Pemilu 2019. Mufti juga mengulas tentang metode pemberian suara proporsional, pencalonan, formula konversi suara menjadi kursi serta permasalahan daerah pemilihan dan money politic, serta regulasi Pemilu 2019.

Usai penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion di mana para peserta dibagi dalam 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama membahas permasalahan  seputar penataan daerah pemilihan, pencalonan anggota DPRD Kabupaten, data pemilih dan sosialisasi  serta solusinya. Sedangkan Kelompok kedua membahas permasalahan seputar kampanye, dana kampanye, partisipasi pemilih dan distribusi logistik serta solusinya.

Kegiatan FGD Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 dengan Partai Politik tingkat Kabupaten dan Pemangku Kepentingan Lainnya  berakhir pada pukul 17.00 WIB dan ditutup secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya. (fhd)

PPID

seleksi kpu sumbar

seleksi kpu kab-kota

  Follow kami di @kpudharmasraya

 logo fblogo twiter